loading...

Tuesday 23 August 2016

Jemaah Indonesia dari Madinah dan Jeddah Padati Mekah

Diperlukan konsentrasi tinggi dari petugas PPIH Daker Mekah.

Jemaah haji Indonesia kloter terakhir gelombang pertama tiba di Madinah. (Dok. Media Center Haji (MCH).)

VIVA.co.id – Hingga Selasa 23 Agustus 2016 pukul 17.00 waktu Arab Saudi atau 21.00 WIB, tercatat 33.243 jemaah haji Indonesia sudah memadati kota Mekah. Rombongan terdiri atas 32.833 jemaah dan 410 petugas.

Kepala Seksi Data dan Siskohat Eko Dwi Irianto kepada Media Center Haji mengatakan, jemaah haji yang sudah berdatangan ke Mekah di antaranya berasal dari Madinah. Mereka  terbagi dalam 82 kloter yang diberangkatkan secara bertahap sejak 17 Agustus lalu.

Rinciannya adalah Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 1-JKG 10), Embarkasi Padang (PDG 1-PDG 4), Embarkasi Solo (SOC 1-SOC 12), Embarkasi Medan (MES 1-MES 4), Embarkasi Batam (BTH 1-BTH 6), Embarkasi Surabaya (SUB 1-SUB 10 dan SUB 13), dan Embarkasi Makassar (UPG 1-UPG 4).

Selain itu, kloter jemaah yang sudah tiba lainnya dari Madinah berasal dari Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 1-JKS 12), Embarkasi Balikpapan (BPN 1, BPN 3, dan BPN 4), Embarkasi Banjarmasin (BDJ 1-BDJ 6), Embarkasi Palembang (PLM 1-PLM 5), dan Embarkasi Aceh (BTJ 1-BTJ 4).

Sementara itu, jemaah haji dari Indonesia yang tergabung dalam gelombang kedua juga sudah mulai berdatangan melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Selasa 23 Agustus 2016. Rombongan jemaah selanjutnya juga menuju Mekah untuk menunaikan umrah wajib.

Kepala Daker Mekah, Panitia Penyelenggara Ibdah Haji (PPIH) Arab Saudi, Arsyad Hidayat, mengatakan, dengan mulai masuknya jemaah haji gelombang kedua, petugas Daker Mekah akan mulai menerima kedatangan jemaah dari Madinah dan Jeddah.

Untuk itu, Arsyad menambahkan, diperlukan persiapan, mengingat meningkatnya frekuensi kedatangan dari sebelumnya hanya 3–4 kloter, bisa menjadi dua kali lipat. Semua petugas diharapkan untuk berkonsentrasi untuk bisa memberikan penjemputan jemaah.

"Persiapan penyambutan menjadi masalah yang harus diperhatikan petugas Daker Mekah  mengingat jarak antara Jeddah-Mekah lebih dekat dibanding Madinah–Mekah," tutur Arsyad.

Menurut Arsyad, jika diperoleh informasi dari Jeddah sudah berangkat, hanya ada waktu sekitar satu jam setengah untuk bersiap bagi petugas di Daker Mekah.

Sebelumnya, jemaah haji kloter 35 Embarkasi Solo (SOC 35) menjadi rombongan pertama gelombang kedua yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah kemarin pukul 09.47 waktu Saudi. Kedatangan jemaah itu disambut langsung Dubes RI di Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Selain SOC 35, ada beberapa kloter lain yang menurut jadwal tiba kemarin di Mekah yaitu, Kloter 36 Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 36), Kloter 37 Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 37), Kloter 10 Embarkasi Padang (PDG 10), Kloter 15 Embarkasi Batam (BTH 15), dan Kloter 1 Embarkasi Lombok (LOP 1).

Sementara itu, Kepala Daker Airport Jeddah-Madinah, Nurul Badruttamam Makkiy melaporkan, hingga Selasa 23 Agustus 2016 waktu Saudi, ada 212 kloter yang sudah tiba di Madinah.

Jumlah jemaah mencapai 85.624 orang dengan petugas kloter 1.060 orang. "Jumlah total yang tiba lewat Madinah mencapai 86.684 orang," ujar Nurul.

loading...

0 comments:

Post a Comment

loading...